Pemakluman Akan Selalu Ada Untuk Niatan Mempersatukan

Standar

Kita sadar betul semua hal di dunia ini tak akan mungkin selalu sama. Tak akan mungkin seiring sejalan. Banyak hal yang tentunya butuh keselarasan, butuh penyesuaian dan tentunya pengorbanan.

Ada banyak hal yang kemudian harus didiskusikan sebelum terlalu jauh menjalani sebuah rasa. Tujuan baik tentunya akan memudahkan kedua belah pihak. Tujuan jelas mengapa rasa itu harus dikenali, dipahami, dan mulai dalam dirasakan akan menjadi titik mula mengapa semuanya perlu dipastikan. Seperti banyak kata-kata bijak yang berseliweran membahas hal itu. Jodoh. Ya, bukan tentang siapa yang kenal lebih lama. Bukan tentang siapa yang bersama lebih lama. Namun tentang siapa yang singgah dan berkomitmen untuk tidak akan pergi. Itu yang pasti.

Kita yang belum berpengalaman mungkin akan bimbang. Bagaimana menghadapi sesuatu yang masih diambang hayal. Maaf. Bukan hayal. Namun kenyataan yang masih tertunda. Niat baik itu utama dan yakin menurut saya satu-satunya kunci untuk membuat sebuah langkah pertama sebagai awal mula segalanya.

Pemakluman pun dibutuhkan. Mengenai jarak yang sedang memisahkan. Mengenai cita-cita yang harus saling dibagi. Mengenai suku yang belum bisa diadaptasi dengan mudah. Mengenai keluarga yang memiliki kriteria khusus sebelum menjadikan orang lain bagian dari keluarganya dan mengenai rasa yang terkadang sulit jika dipaksakan.

Pengertian dan usaha untuk saling memahami diperlukan disini. Dapatkah masing-masing pihak saling berdamai dengan egoisme sendiri. Dapatkah masing-masing pihak menyadari bahwa egoisme tak akan pernah membawa kalian berdua kemana-mana. Semua akan tersangkut di satu titik. Karena kalian belum saling ridho untuk mengalah satu sama lain. Saya yakin dan percaya semua itu bisa dibicarakan baik-baik. Itulah kenapa kalian membutuhkan banyak komunikasi.

Komunikasi menjadi hal penting untuk mendamaikan egoisme diri. Banyaklah saling bertutur. Bukan tentang dia, bukan tentang mereka. Tapi tentang kalian berdua. Kalian yang punya rencana melayari samudra kehidupan kelak bersama. Yang kini sedang bimbang apakah telah benar dalam menentukan pilihan.

Itulah mengapa di awal saya menyebut-nyebut dua hal: Yakin pada keputusan yang akan diambil dan niatan baik yang akan membimbing terus melaju ke titik yang di mau. Dengan dua hal itu, inshaallah semua akan mudah dan indah. Karena pemakluman yang terjadi akan selalu ada untuk niat baik mempersatukan. Sehingga keduanya pun akan didekatkan . Inshaallah🙂

Warmest Greeting,

Dhienz UPS ^^

****************************************

*Postingan ini dipublikasikan karena pendapat beberapa rekan yang menyatakan bahwa tulisan ini layak buat dibaca banyak pihak. Semoga bermanfaat dan enggak bikin baper😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s