Mudahnya Mengurus Visa China Sendiri

Standar

Hi travelers!

Untuk kamu yang ada keinginan segera menginjakkan kaki ke Negeri Tirai Bambu/China, tentunya kamu memerlukan visa sebagai dokumen penting. Gimana sih,cara mengurusnya? Disini saya akan berbagi dengan kalian ya. Semoga bermanfaat.

Tanggal 11 April 2016 rencananya saya dan kedua rekan saya akan pergi tugas ke Guangzhou, China. Dua diantara kami menggunakan  blue passport (Service passport/paspor dinas) dan 1 menggunakan paspor hijau (ordinary passport). Untuk yang akan bepergian dengan blue passport itu adalah paspor sakti, kenapa? karena kita tidak perlu mengurus visa. Sudah ada dalam perjanjian antar negara terkait hal tersebut. Tapi percaya sama saya, ngurus izin berangkatnya lebih sulit karena harus izin ke Setneg dan Kemlu dulu.

Nah, untuk para traveler yang menggunakan ordinary passport, ini hal-hal yang harus kamu perhatikan dan syarat apa saja yang harus kamu siapkan untuk mengurus visa China.

A. Lokasi.

Pemerintah China tidak lagi melayani permohonan visa melalui kedutaan besar China di Jakarta, Indonesia. Dia menunjuk pihak ketiga yang kemudian disebut “Chinese Visa Application Service Center (CVASC)”. Alamatnya ada di

The East (East Building), Unit 6, Lantai 2Jl. Dr.Ide Anak Agung Gde Agung Kav.E 3.2 No.1, Jakarta Selatan 12950, Indonesia

Dimanakah The East? Patokannya Lingkar Mega Kuningan. Nah The East ada di sekitar Mega Kuningan Barat. Transport termudah selain menggunakan mobil/motor pribadi? tentu Go-Jek, para babang siap mengantarkan langsung dengan motornya ke depan Gedung East dan murah (12K aja dari Medan Merdeka Barat). Untuk yang memilih naik angkutan kota, patokannya Mall Ambassador ya, nyebrang aja kemudian jalan kaki kurang lebih 10 menit nanti langsung sampe The East.

Jam Buka CAVSC ini setiap hari Senin-Jum’at Pukul 09.00-15.00 WIB, tapi untuk pengambilan paspor dilayani Senin-Jum’at pukul 09.00-16.00 WIB

Pintu Masuk CVASC

B. Persyaratan

  1. Note: Pengajuan visa China ini bisa diwakilkan. Jika kamu tidak bisa hadir, mintalah bantuan orang lain.  Kamu cukup tanda tangan di halaman terakhir formulir saja. Foto kopi KTP orang yang membantu membantu mengurus disertakan ya.
  2. Paspor yang masa berlakunya masih minimal 6 bulan. Foto kopilah paspor halaman muka dan halaman belakang yang ada alamat pemilik paspor 1x aja.
  3. Isi formulir aplikasi. Formulir aplikasi dapat di download di sini . Isi dengan baik dan benar sesuai dengan itinerary yang kamu miliki. Jangan sampai salah memasukkan tanggal entry kamu ke China. Karena nanti pasti suruh mengulang. Teliti ya. Sebenarnya formulirnya ada yang versi online sih, tapi menurut saya lebih mudah menggunakan manual. Terutama untuk newbie seperti saya ini.
  4. Foto 4×6 terbaru, berwarna dan berlatar belakang putih (Foto langsung di tempel di formulir aplikasi visa) seinget saya si cuma 1 lbr aja.
  5. Fotokopi KTP
  6. Bukti booking tiket pesawat yang sudah confirmed
  7. Bukti booking hotel yang sudah confirmed / ini bisa cari di agoda.com yang cancellation fee nya free❤
  8. Bukti pendukung. Misal kamu bepergian untuk mengisi seminar kemudian seluruh biaya selama disana ditanggung oleh pengundang, mintalah pada pengundang untuk membuatkan visa notification, ini menguatkan pihak China untuk mempermudah mengeluaran Visa China untuk kamu dengan mencantumkan local contact yang bisa dihubungi. Namun ingat, pengundang jangan sampai lupa membubuhkan stamp, karena jika tidak ada stamp, akan dianggap tidak resmi alias ngga laku.
  9. Sudah🙂

Mudah kan persyaratannya, tidak perlu memberikan bukti rekening koran kalian selama 3 bulan seperti negara-negara Asia Timur lain. Bashaa😀 !

C. Tarif

Kategori Visa

Tarif Pengajuan

Visa Single Entry

Rp 300.000

Visa Double Entry

Rp 450.000

Visa Multiple Entry (untuk 6 bulan)

Rp 600.000

Visa Multiple Entry (untuk 1 tahun)

Rp 900.000

Biaya Extra (3 hari jadi)

Rp 200.000

Biaya Extra (2 hari jadi)

Rp 300.000

Biaya Layanan Apikasi

Regular Service (4 hari jadi)

Rp 240.000

Express Service (3 hari jadi)

Rp 400.000

Urgent Service (2hari jadi)

Rp 500.000

Jadi, jika kasusnya seperti saya, minta 3 hari jadi maka tarifnya adalah tarif single entry+rush fee+application service = Rp 300.000+Rp 200.000+400.000 = Rp 900.000,- Got it? Tapi sekali lagi bayarnya nanti ya. Di tanggal pengambilan paspor🙂 (April,2016)

D. Proses Pengajuan

  1. Bangun pagi, mandi, pake baju yang rapi, sarapan dan langsung menuju lokasi. Tips utama adalah datanglah lebih awal. Kenapa? Karena nanti kalian akan bersaing dengan para agen travel yang membuatkan visa untuk pelanggannya dan jumlahnya buanyaak. Percaya deh. Saya sampai lokasi pukul 08.30 WIB, sempet mengantri lumayan di depan pintu masuk TKP. Hingga pukul 08.45WIB ternyata pintu sudah dibuka oleh Security. Kalian akan ditanya, sudahkan mengisi formulir?ingin yang reguler atau ekspres? Saya jawab saya sudah mengisi lengkap form aplikasi rekan saya dan saya memilih pembuatan ekspres karena ini sudah tanggal 5 dan tiket sudah issued (mau ga mau harus JADI dalam 3 hari! kalau ngga saya bisa di cincang local secretariat yang sudah membelikan tiket kami #panjangceritanya aduuh amit2) apalagi ya karena minggu depan saya harus sudah berangkat. Ini penampakan karcis antriannya. Petugas mengingatkan untuk selalu memantau layar hingga nomor antrian tiba giliran. So, all I know is I should watch properly to the monitor and waiting until this number is coming out. Hehe.20160405_084820Mengagetkan. Antriannya tidak begitu lama karena counter yang ada berjumlah 13. 10 counter untuk memasukan applikasi, 2 counter kasir dan 1 counter pengambilan paspor. 20160405_085159
  2.  pukul 9 kurang nomor saya sudah dipanggil. Saya menyerahkan semua dokumen pendukung dan paspor asli tentunya. Yang punya passport cover lucu-lucu, itu tidak akan ngefek bikin pengajuanmu pasti diterima ya. Semua sampul paspor harus dilepas. heee
  3. Setelah semuanya dicek oleh petugas. Kamu akan diberikan semacam nota yang akan digunakan untuk membayar dan mengambil paspor ditanggal yang telah ditentukan. Menurut dia 3 hari ya 3 hari kerja. Masuk aplikasi tanggal 5, tanggal 7 bisa diambil. Keren! Jam 09.03 saya udah selesai.20160405_094159
  4. Saya kemudian pulang dan kembali lagi kesana pada tanggal 7 lusa harinya. Saya langsung meminta nomor antrian untuk pengambilan visa. Aduh, saya kesana agak siang. Dan setelah liat monitor baru sampe C57, See, i have to wait 40 numbers more . Baekla~ karena memang pagi itu ada kerjaan yang tidak bisa ditunda, jadi kesiangan dikit dan hasilnya begini. It’s fine, selama apapun saya tunggu. Udah biasa nunggu, segini aja mah bukan apa2..😛20160407_101423
  5. Kasir yang beroperasi ada 2 yaitu counter 12 dan 13, membayar bisa menggunakan kartu atau tunai. Saya pilih pakai kartu. Setelah bayar kita akan diberikan bukti bayar seperti ini20160407_141405
  6. Bawa bukti bayar ke counter 11. Antri aja udah sampai tiba giliranmu, berikan bukti bayar ke petugas dan dia akan langsung mencarikan paspor yang sudah ada visanya didalamnya.
  7. Sebelum pulang periksa lagi nama, tanggal lahir, nomer paspor dan tanggal maksimal boleh memasuki China. 20160407_110735
  8. All is fine, yes you can go home by then.
  9. FIN

Nah, mudah bukan? jadi tidak perlu via calo, semua bisa dikerjakan sendiri kok dan lagi lebih hemat kan. Semoga tulisan ini membantu ya~ ^^

                               歡迎來到中國! (Welcome to China)
                          A S S A L A A M U 'A L A I K U M GUANGZHOU~

Warmest Regards,
Dhienz UPS^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s